Wednesday, December 13, 2017

DEFINISI SOFT, HARD POWER DAN SOFT POWER INDIA



Soft power merupakan kekuatan suatu negara dalam berinteraksi yang berfokus mengambil jalan tengah dengan menghindari suatu konflik. Contohnya dengan menerapkan kerjasama dan diplomasi yang baik antara negara satu dengan negara yang lain.1
Hard power  merupakan suatu metode untuk mempengaruhi suatu pihak. Kekuatan ini tidak mementingkan adanya kerjasama yang terjalin baik antara pihak satu dengan pihak lainnya dan lebih menerapkan kekerasan dan memberikan tekanan-tekanan dalam bidang militer, ekonomi dan sebagainya. Seperti contohnya melakukan perang.2
Soft power India
India merupakan negara yang   berbentuk   serikat   yaitu   Negara   yang   bersusunan jamak,   terdiri   atas   beberapa   negara   bagian   yang   masing-masing   tidak   berdaulat. Kendati negara-negara bagian boleh memiliki konstitusi sendiri, kepala negara sendiri, parlemen   sendiri,   dan   kabinet   sendiri,   yang   berdaulat   dalam   negara   serikat   adalahgabungan negara-negara bagian yang disebut negara federal. Setiap negara bagian bebas melakukan tindakan ke dalam, asal tak bertentangan dengan   konstitusi   federal.   Tindakan   ke   luar   (hubungan   dengan   negara   lain)   hanya dapat dilakukan oleh pemerintah federal.3
India terkenal dengan budayanya, Bollywood. India menggunakan Bollywood sebagai soft power diplomasi. Industri film India atau Bollywood telah berkembang dalam 2 abad terakhir semua perkembangan tersebut sudah menjadi cerita panjang hampir 9 dekade. Perfilman Bollywood mampu bersaing dengan film-film Hollywood dan negara lainnya dengan menyajikan ide-ide serta alur cerita yang mempunyai ciri khas tersendiri. Dilihat dari banyaknya film-film Bollywood yang mampu mencuri hati penikmat film serta banyak mendapat apresiasi dari negara-negara yang menerima kehadirannya, sehingga membuat perfilman Bollywood tak bisa dipandang sebelah mata.4
Contohnya soft power India melalui Bollywood adalah film Bajrangi Bhaijaan. Film Bajrangi Bhaijaan sebagai salah satu media komunikasi Massa yang dibuat oleh non state actor (pegiat seni India) menampilkan nilai-nilai unggul kebudayaan Hindu India yang dikolaborasikan dengan nilai-nilai perdamaian. Penyebaran film Bajrangi Bhaijaan didukung oleh media lainnya seperti televisi, radio, internet dan media penyiaran internasional. Media pendukung ini digunakan untuk menjangkau masyarakat internasional secara luas dengan waktu yang singkat. Sehingga penayangan film Bajrangi Bhaijaan dapat membangun citra positif terhadap negara India yang dapat dilihat dari opini masyarakat Internasional terkhusus masyarakat Pakistan. Dengan demikian, film Bajrangi Bhaijaan dapat diindikasikan sebagai media diplomasi publik India terhadap Pakistan.5




Daftar pustaka:
1.       Baldwin, David A., 2001. Power and International Relations dalam Walter Carlsnaes, Thomas Risse, Beth Simmons [eds]. Hadbook of International Relations, SAGE.
2.       Yeni Novita Ambarsari. 2016. Kekuatan Nasional dalam Hubungan Internasional, dalam http://yeny-novita-ambarsari-fisip16.web.unair.ac.id/artikel_detail-164558-PENGANTAR ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL SOH 101 (Jurnal)-Kekuatan Nasional dalam Hubungan Internasional.html diakses 21 Oktober 2017
3.       Anton Mahdi Tantowy. dkk. 2013. Konstitusi India, dalam https://dokumen.tips/documents/makalah-india-56708502a01b4.html diakses 22 Oktober 2017
4.       Sejarah dan Perkembangan film Bollywood, dalam www.HarianSumutPos.Com diakses 22 Oktober 2017
5.       Satria Kencana Sitepu. 2017. Skripsi: Film Bajrangi Bhaijaan Sebagai Media Diplomasi Publik India Terhadap Pakistan. Bandar Lampung: Universitas Lampung

No comments:

Post a Comment